Sumber : http://dhecun.blogspot.com/2012/11/kumpulan-efek-efek-menarik-untuk-blog.html#ixzz2n2dGBJcm

Rabu, 30 Oktober 2013

Instalasi PHP, MySQL dan Apache dengan AppServ


Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana kita dapat menjalankan PHP, MySQL dan Apache secara bersamaan. Ada dua opsi sebenarnya, pertama kita dapat menginstall ketiga aplikasi tersebut satu persatu, dan mengkonfigurasikan satu persatu aplikasi-aplikasi tersebut sampai semuanya terintegrasi, dan opsi yang kedua adalah, saat ini telah banyak web server paketan yang di dalamnya telah berisi PHP, MySQL dan Apache, dan yang lebih mengasyikkan lagi, paket ini gratis.
Kita langsung saja kepada praktik dalam meng-instalasi AppServ, sebuah paket yang berisi PHP, MySQL dan Apache secara lengkap. AppServ sendiri bisa langsung kita download di http://www.AppServNetwork.com dan download AppServ versi terbaru.

Langkah 1
Double klik AppServ yang sudah kita download, contoh disini adalah AppServ-win32-2.5.9.exe


Langkah 2
Setelah kita double klik AppServ-win32-2.5.9.exe maka akan muncul tampilan di bawah ini. Klik Next saja.

Langkah 3
Ini merupakan default folder dimana kita akan meng-install AppServ-win32-2.5.9.exe, saya sarankan biarkan saja menggunakan folder default-nya, tidak perlu dirubah, yaitu folder C:\AppServ. Klik Next.


Langkah 4
Pada tahap berikutnya adalah akan ditampilkan model-model peng-instalan. Pilih Typical, kemudian klik Next.
Langkah 5
Berikutnya akan ditampilkan isian server name. Biarkan saja server name nya dengan localhost, dan port nya 80. Klik Next
Langkah 6
Pilihlah username dan password untuk mengakses database MySQL. Isikan sesuka anda, contoh isikan username=root dan password=root. Kemudian klik Next, selesailah sudah. Anda sudah berhasil menginstall PHP pada komputer anda.


Sekarang buka browser anda (Mozilla Firefox atau Internet Explorer), dan ketikkan "localhost" (tanpa tanda petik) pada address bar, maka browser anda akan menampilkan tampilan seperti ini :



Selamat, PHP sudah terinstall pada komputer anda. Selamat mencoba kawan.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar